Store

Layanan

Profie

Fast Response

info@markatiga.co.id

0812-11100135

www.markatiga.co.id

Pembinaan dan Sertifikasi

Ahli K3 Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut

Jadwal Terdekat

11 Agu - 09 Sep 2025

Jadwal Selanjutnya

08 Sep - 06 Okt 2025

Investasi

Rp29.500.000

DEFINISI AHLI K3 PESAWAT ANGKAT DAN PESAWAT ANGKUT

Pesawat Angkat adalah pesawat atau peralatan yang dibuat dan dipasang untuk mengangkat, menurunkan, mengatur posisi dan/atau menahan benda kerja dan/atau muatan. Adapun Pesawat Angkut adalah pesawat atau peralatan yang dibuat dan dibangun untuk memindahkan benda, muatan atau orang secara horisontal, vertikal, diagonal dengan menggunakan kemudi baik di dalam atau di luar pesawatnya, ataupun tidak menggunakan kemudi dan bergerak di atas landasan, permukaan maupun rel atau secara terus menerus dengan menggunakan bantuan ban, atau rantai atau rol.

Berdasarkan Permenaker No. 8 Tahun 2020 tentang Keselamatan dan Kesehatan Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut : Setiap kegiatan perencanaan, pembuatan, pemasangan dan/atau perakitan, pemakaian atau pengoperasian, perbaikan, perubahan atau modifikasi Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut harus dilakukan pemeriksaan dan pengujian oleh :

  1. Pengawas Ketenagakerjaan Spesialis K3 Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut;
  2. Penguji K3 yang mempunyai kompetensi di bidang Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut; atau
  3. Ahli K3 Bidang Pesawat Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut

Untuk dapat ditunjuk sebagai Ahli K3 Bidang Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, perusahaan dapat memberikan pembinaan dan sertifikasi kepada tenaga ahlinya melalui PJK3 bekerjasama dengan Kemnaker RI.

TUJUAN
  • Mendapatkan tenaga teknis berkeahlian khusus di bidang K3 yang dapat membantu pelaksanaan pembinaan dan pengawasan di tempat kerja
  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perundang-undangan K3
  • Meningkatkan kemampuan dalam menerapkan K3 sesuai peraturan perundang-undangan di tempat kerja
DASAR HUKUM
NO
MATERI PELATIHAN
JP
KELOMPOK DASAR
1
Kebijakan K3
2
2
Peraturan perundang-undangan K3 di bidang pesawat angkat dan pesawat angkut
14
3
Dasar-dasar K3
2
4
Sistem Manajemen K3
5
5
Investigasi Kecelakaan Kerja
5
KELOMPOK INTI
6
Jenis-jenis dan proses kerja pesawat angkat dan pesawat angkut
10
7
Perlengkapan dan pengamanan pesawat angkat dan pesawat angkut (safety device) dan APD
10
8
Sistem hidraulik dan pneumatik
5
9
Perhitungan kekuatan konstruksi pesawat angkat dan pesawat angkut
20
10
Tali kawat baja dan alat bantu angkut dan angkut
10
11
Pengikatan (rigging) untuk pengujian beban
5
12
Stabilitas dan daftar beban
10
13
Penyusunan Inspection Test Plan (ITP)
5
14
Pengelasan dan pengujian tidak merusak (Non Destructive Test)
10
15
Pemeriksaan dan pengujian pesawat angkat dan pesawat angkut
20
16
Praktik pemeriksaan dan pengujian pesawat angkat dan pesawat angkut
40
KELOMPOK PENUNJANG
17
Mekanika teknik terapan
5
18
Kelistrikan
5
19
Pengetahuan motor penggerak
10
20
Pengetahuan bahan
6
21
Pengetahuan korosi dan pencegahannya
6
22
Membaca gambar teknik
5
EVALUASI
23
Penulisan kertas kerja
20
24
Evaluasi teori
10
25
Seminar
10
Total JP (Jam Pelajaran)
250
FASILITAS PELATIHAN
  • Sertifikat dari Kemnaker RI
  • SKP dan Lisensi dari Kemnaker RI
  • Sertifikat dan SKL dari PJK3
  • E-Learning (Modul dan Video)
  • Member Card
  • Kemeja/Polo Safety
  • Training Kit
  • Lencana dan PIN Ahli K3
  • Coffee Break (2x) dan Lunch (*Offline Training
  • APD untuk Praktik (*Offline Training
PERSYARATAN ADMINISTRASI PESERTA
  1. Ijazah Min. D3 .pdf
  2. KTP .pdf
  3. Curriculum Vitae. pdf
  4. Pasfoto Latar Merah .jpg
  5. Surat Keterangan Sehat .pdf
  6. Surat Keterangan Bekerja .pdf
  7. Pakta Intergritas .pdf

Note : Upload berkas persyaratan administrasi disini

KETENTUAN MENGIKUTI PELATIHAN
  1. Memiliki PC/Laptop dengan webcam atau kamera depan aktif
  2. Memiliki koneksi internet yang stabil
  3. Mengunduh Aplikasi :
    • Whatsapp
    • Zoom Meeting
    • Timestamp Camera
    • Google Classroom
  4. Mengikuti informasi selama training hingga sertifikat terbit melalui Whatsapp Group
  5. Mengikuti training secara online via Zoom Meeting, hadir 30 menit sebelum training dimulai, untuk melakukan pengecekan koneksi internet, suara dan video
  6. Melakukan presensi kehadiran menggunakan Timestamp Camera
  7. Menggunakan google mail (Gmail) untuk mengakses Google Classroom
  8. Mengikuti pembelajaran secara mandiri pada e-learning yang telah disiapkan dalam Google Classroom
  9. Mematikan (mute) audio pada saat narasumber menjelaskan materi pembinaan, dan jika ada pertanyaan atau ada pernyataan yang kurang jelas, peserta dipersilahkan untuk mengetik pesan via kolom chat Zoom Meeting atau mengangkat tangan.
  10. Mengerjakan kuis yang diberikan setiap hari selama training
  11. Mengerjakan ujian secara online melalui temank3 yang diberikan oleh penguji dari Kemnaker RI
  12. Berpakaian rapi dan sopan selama training
  13. Menggunakan sepatu safety saat praktik (*Offline Training

Jadwal Tahunan

Januari

13 Jan - 12 Feb 2025

10 Feb - 10 Mar 2025

10 Mar - 10 Apr 2025

14 Apr - 15 Mei 2025

13 Mei - 12 Jun 2025

09 Jun - 08 Jul 2025

14 Jul - 11 Agu 2025

11 Agu - 09 Sep 2025

08 Sep - 06 Okt 2025

13 Okt - 10 Nov 2025

10 Nov - 08 Des 2025

08 Des - 06 Jan 2026

Scroll to Top