Store

Layanan

Profie

Fast Response

info@markatiga.co.id

0812-11100135

www.markatiga.co.id

Pembinaan dan Sertifikasi

Ahli K3 Madya Lingkungan Kerja

Jadwal Terdekat

04 Agu - 07 Agu 2025

Jadwal Selanjutnya

01 Sep - 04 Sep 2025

Investasi

Rp7.000.000

DEFINISI AHLI K3 MADYA LINGKUNGAN KERJA

Lingkungan Kerja adalah aspek Higiene di tempat kerja yang di dalamnya mencakup faktor fisika, kimia, biologi, ergonomi dan psikologi yang keberadaannya di tempat kerja dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja yang selanjutnya disebut dengan K3 Lingkungan Kerja adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan Tenaga Kerja melalui pengendalian Lingkungan Kerja dan penerapan Higiene Sanitasi di Tempat Kerja.

Untuk mewujudkan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan nyaman serta mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, Pemerintah telah menerbitkan Permenaker No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja yang salah satunya mengatur pelaksanaan syarat-syarat K3 lingkungan kerja melalui kegiatan pengukuran dan pengendalian lingkungan kerja dan penerapan higiene dan sanitasi. Pengukuran dan pengendalian lingkungan kerja harus dilakukan oleh

  1. Ahli K3 Muda Lingkungan Kerja
  2. Ahli K3 Madya Lingkungan Kerja
  3. Ahli K3 Utama Lingkungan Kerja

Untuk memenuhi peraturan tersebut, perusahaan dapat memberikan pembinaan dan sertifikasi kepada tenaga Para Medisnya melalui PJK3 bekerja sama dengan Kemnaker RI

TUJUAN
  • Mendapatkan tenaga teknis berkeahlian khusus di bidang K3 yang dapat membantu pelaksanaan pembinaan dan pengawasan di tempat kerja
  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perundang-undangan K3
  • Meningkatkan kemampuan dalam menerapkan K3 sesuai peraturan perundang-undangan di tempat kerja
DASAR HUKUM
NO
MATERI PELATIHAN
JP
1
Peraturan Perundang-undangan K3
5
2
Manajemen higiene industri : perencanaan, pengumpulan sampel, perekaman data dan pelaporan
5
3
Program higiene industri spesifik untuk pendengaran dan pernafasan serta kualitas udara dalam ruangan (indoor air quality)
5
4
Penilaian risiko kesehatan kerja spesifik program pengendalian kebisingan, program pencegahan bahaya saluran pernafasan dan kualitas udara dalam ruangan (indoor air quality)
5
5
Prosedur evaluasi K3 Lingkungan Kerja
5
6
Prosedur pengadaan dan pencatatan kebutuhan peralatan higiene industri
5
7
Prioritas penanganan dari risiko kesehatan : metoda pengambilan sampel dan metoda analisis
5
8
Evaluasi
5
Total JP (Jam Pelajaran)
40
FASILITAS PELATIHAN
  • Sertifikat dari Kemnaker RI
  • SKP dan Lisensi dari Kemnaker RI
  • Sertifikat dan SKL dari PJK3
  • E-Learning (Modul dan Video)
  • Member Card
  • Kemeja/Polo Safety
  • Training Kit
  • Lencana dan PIN Ahli K3
  • Coffee Break (2x) dan Lunch (*Offline Training
  • APD untuk Praktik (*Offline Training
PERSYARATAN ADMINISTRASI PESERTA
  1. Ijazah Min. D3 .pdf
  2. KTP .pdf
  3. Curriculum Vitae. pdf
  4. Pasfoto Latar Merah .jpg
  5. Surat Keterangan Sehat .pdf
  6. Surat Keterangan Bekerja .pdf
  7. Pakta Intergritas .pdf

Note : Upload berkas persyaratan administrasi disini

KETENTUAN MENGIKUTI PELATIHAN
  1. Memiliki PC/Laptop dengan webcam atau kamera depan aktif
  2. Memiliki koneksi internet yang stabil
  3. Mengunduh Aplikasi :
    • Whatsapp
    • Zoom Meeting
    • Timestamp Camera
    • Google Classroom
  4. Mengikuti informasi selama training hingga sertifikat terbit melalui Whatsapp Group
  5. Mengikuti training secara online via Zoom Meeting, hadir 30 menit sebelum training dimulai, untuk melakukan pengecekan koneksi internet, suara dan video
  6. Melakukan presensi kehadiran menggunakan Timestamp Camera
  7. Menggunakan google mail (Gmail) untuk mengakses Google Classroom
  8. Mengikuti pembelajaran secara mandiri pada e-learning yang telah disiapkan dalam Google Classroom
  9. Mematikan (mute) audio pada saat narasumber menjelaskan materi pembinaan, dan jika ada pertanyaan atau ada pernyataan yang kurang jelas, peserta dipersilahkan untuk mengetik pesan via kolom chat Zoom Meeting atau mengangkat tangan.
  10. Mengerjakan kuis yang diberikan setiap hari selama training
  11. Mengerjakan ujian secara online melalui temank3 yang diberikan oleh penguji dari Kemnaker RI
  12. Berpakaian rapi dan sopan selama training
  13. Menggunakan sepatu safety saat praktik (*Offline Training

Jadwal Tahunan

Januari

06 Jan - 09 Jan 2025

03 Feb - 06 Feb 2025

03 Mar - 06 Mar 2025

07 Apr - 10 Apr 2025

05 Mei - 08 Mei 2025

02 Jun - 05 Jun 2025

07 Jul - 10 Jul 2025

04 Agu - 07 Agu 2025

01 Sep - 04 Sep 2025

06 Okt - 09 Okt 2025

03 Nov - 06 Nov 2025

01 Des - 04 Des 2025

Scroll to Top